PROGRAM MENCARI GRADIEN GARIS AX+BY+C=0

PROGRAM MENCARI GRADIEN GARIS AX+BY+C=0 silahkan download disini http://www.ziddu.com/download/19390901/Project12.exe.html

PEMANFAATAN MS-EXEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Pendahuluan
Pada era modernisasi ini, perkembangan teknologi terjadi sangat cepat yang dipicu oleh temuan dalam bidang rekayasa material mikroelektronika. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung kepada teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan teknologi tersebut menuntut kemampuan sumber daya manusia untuk memiliki kecakapan dalam memanfaatkannya. Teknologi yang dimaksudkan dalam hal ini adalah teknologi komputer. Perkembangan teknologi komputer memberikan banyak manfaat dan kemudahan-kemudahan terutama dalam dunia pendidikan.. Hal semacam ini perlu ditanggapi secara positif oleh para guru sehingga komputer dapat menjadi salah satu media yang dapat membantu dalam mengoptimalkan pembelajaran. Salah satu program komputer yang bisa digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran adalah Microsoft Office Excel. Khususnya penggunaan Microsoft Office Excel sebagai media pembelajaran dalam bidang matematika. Ada banyak fungsi yang disediakan Microsoft Office Excel yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika diantaranya adalah:
1. Fungsi matematika seperti logaritma dan akar
2. Fungsi Statistik seperti penjumlahan, rata-rata dan permutasi
3. Fungsi Trigonometri seperti sin dan tangen
4. Fungsi Matriks seperti determinan matriks, invers matriks, hasil perkalian matriks
5. Fungsi Logika seperti komparasi Boolean, dan
6. Fungsi keuangan seperti periode pembayaran dan suku bunga
1. Penggunaan Fungsi Matriks Sebagai Media Pembelajaran
Disini akan dijelaskan lebih jauh mengenai penggunaan fungsi matriks sebagai media pembelajaran. Fungsi matriks dapat digunakan untuk menghitung berbagai operasi matriks di Microsoft Office Excel. Adapun beberapa operasi matriks yang dapat dilakukan pada Microsoft Office Excel adalah:

1.1 Operasi Penjumlahan Matriks
Misalkan diberi contoh untuk menjumlahkan matriks
A= B=
Langkah pertama, tampilkan matriks A dan B dalam suatu spreadsheet. Masukkan elemen-elemen dari setiap matriks dalam suatu blok sel. Langkah kedua, blok range untuk hasil penjumlahan dan sesuaikan ordenya dengan matriks yang akan dijumlah. Lalu ketik formula: =B4:D6+F4:H6. Karena matriks A terletak di range B4:D6 dan matriks B terletak di range F4:H6. atau dapat juga dilakukan dengan menyorot sel matriks A dan B. kemudian tekan F2 dan tekan ctrl+shift+enter.
1.2 Operasi Pengurangan matriks
Misalkan untuk contoh pengurangan matriks sama seperti contoh matriks A dan B diatas. Langkah yang dilakukan pun sama hanya mengubah tanda “+” menjadi “-“ pada formulanya menjadi =B4:D6-F4:H6.
1.3 Operasi Perkalian skalar matriks
Misalkan untuk mencari hasil dari perkalian skalar 2P-3P dengan matrik P & Q seperti berikut:
P = Q =
Langkah pertama dan kedua, sama seperti diatas. Untuk formulanya ketik :
=2*B4:D6-3*F4:H6 lalu tekan F2 dan ctrl+shift+enter.

1.4 Operasi Perkalian matriks
Untuk perkalian matriks pada Microsoft Office Excel, dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi MMULT. Misalkkan diberi contoh untuk menentukan nilai matriks R×S jika :
R = S =
Langkah pertama dan kedua sama seperti menghitung matriks sebelumnya. Tapi perlu diingat banyak kolom matris M harus sama dengan banyak baris matriks N dan untuk menempatkan hasil perkalian, harus memperhatikan orde matriksnya. Untuk perkalian (m×n)(m×n) maka hasilnya berorde (m×n).
Untuk formulanya ketik:=MMULT(B3:C5;E3:F4) lalu tekan F2 dan ctrl+shift+enter.

1.5 Operasi Determinan matriks
Untuk mencari determinan dengan Microsoft Office Excel, dilakukan dengan menggunakan fungsi MDETERM. Sebagai contoh untuk menentukan nilai determinan matriks
Q =
Langkah pertama dan kedua sama seperti diatas. Untuk formulanya ketik:
=MDETERM(C4:G8) dan tekan enter. Operasi Invers matriks
Mencari nilai invers dari suatu matriks persegi dengan Microsoft Office Excel dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi MINVERS. Misalkan untuk mencari nilai invers matriks
A =
Langkah pertama dan kedua sama seperti diatas dan untuk formulanya ketik:
=MINVERSE(B4:D6) lalu tekan F2 dan tekan ctrl+shift+enter. Media pembelajaran matriks menggunakan Microsoft Office Excel
Untuk menggunakan Microsoft Office Excel sebagai media pembelajaran, harus diketahui beberapa fungsi lain yang perlu digunakan sesuai dengan keperluan dalam pembuatan media pembelajaran tersebut. Misalkan untuk contoh media pembelajaran untuk kategori operasi penjumlahan matriks seperti contoh diatas, akan dibuat sebuah media pembelajaran yang sederhana.

Buat satu kolom lain yang sama seperti kolom untuk hasil penjumlahan matriks, yang digunakan untuk tempat menaruh jawaban bagi siswa. Untuk mengetahui jawaban yang ditulis oleh siswa benar atau tidak maka perlu dibuatkan satu kolom lain dan gunakan fungsi logika AND, fungsi ini akan memberikan suatu nilai benar (true) jika semua kondisi terpenuhi. Untuk formulanya ketikkan:
= AND(F9:H11=B9:D11). Lalu tekan F2 dan ctrl+shift+enter.
Setelah selesai atur kembali tata letak tulisan agar terlihat menarik bagi siswa dan jangan lupa menutup kolom jawaban matriks yang telah dibuat.
Operasi matriks pengurangan, perkalian, determinan dan invers pun dapat dibuat seperti contoh diatas.
1. Kesimpulan
Dengan menggunaan Microsoft Office Excel sebagai media pembelajaran. Khususnya untuk menghitung berbagai operasi matriks ternyata cukup mudah untuk dilakukan oleh guru serta sangat efisien untuk waktu pengerjaan sebuah matriks, jika secara manual untuk menghitung sebuah matriks yang memiliki orde banyak diperlukan waktu yang sangat lama bahkan sampai berhari-hari. Tetapi dengan menggunakan fungsi matriks untuk menghitungnya dapat dilakukan hanya dengan beberapa menit saja. Apalagi dengan menggunakan Microsoft Office Excel sebagai media pembelajaran, cukup mudah dilaksanakan dan sangat efektif digunakan sebagai alat bantu untuk membuat soal-soal latihan interaktif. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan daya imaginasi guru tersebut untuk mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Office Excel.
Daftar pustaka
Kusrianto, Adi. 2007. Memanfaatkan formula dan fungsi microsoft office excel 2007. Jakarta: PT Elex Media Komputido
Pascal, Steven Andy. 2007. Tips &Triks Microsoft office 2007. Jakarta: PT Elex Media Komputido